“Salesman” Dadakan Zenius

 

[Senin, 5 Oktober 2020 ]

Ya,tepat banget hari terakhir pengumpulan lomba blog Zenius ini. Orang lain udah ngumpul gue baru buat (team deadliner angkat tangannya✋). Sebenernya gue udah liat dari hari pertama lomba dibuka, tapi sampe deadline pun gue gak sempet ikutan karena gue lagi sibuk kerjain tugas ospek universitas tercinta yang bejibun ini ( big thanks juga buat Zenius yang udah mengantarkan gue sampe ke tahap ini!! Matur Suwun). Jadi, bisa dibilang gue nulis ini tanpa persiapan, tapi tanpa perlu mikir pun gue masih inget pengalaman-pengalaman gue bareng Zenius dalam persiapan UTBK, gue jadi “salesman” dadakannya Zenius. Inget ya pake tanda kutip karena gue ga dikontrak Zenius, tapi kalo ada lowongan boleh lah coba-coba hehehe...

Sebelum masuk ke ceritanya, kenalan dulu lah ya karena kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Nama gue Ferryo Lenz Kurniawan, alumnus Zenius 2020, dan seorang calon anak rantau yang perantauannya tertunda karena pandemi ini. Sebenernya menulis bukan hobi gue. Tapi rasanya sayang melupakan momen perjuangan bareng Zenius ini, jadi selagi gue masih inget gua bakal tulis pengalaman gua disini sebagai memorabilia ketika gua tua nanti kalo gue pernah berada di titik ini sambil ditemenin sama Zenius.

Road to UTBK

Awal tahun 2020 Indonesia masih aman tuh dari corona, semua kehidupan masih normal, dan UTBK masih ada sesi TKA. Dari awal kelas 12 tuh gue udah siapin mati-matian yang namanya TKA karena gue lebih suka  bidang eksakta ( btw gue saintek ya).Gue beli buku” soal ,ikut bimbel offline( waktu itu gue masih denial sama yang namanya bimbel online). Nah, sayangnya, bulan apa ya udah lupa, ada kebijakan baru kalo TKA dihapus dari UTBK, alias UTBK cuma TPS doang.Mampuss!! Waktu itu gue asing banget sama yang namanya PUEBI, KBBI,apalagi musuh bebuyutan gue, Bahasa Ingggris.

Waktu itu gue udah sempet mikir, “ Udahlah lepasin UTBK, fokus ke mandiri aja’’.  Tapi setelah gue pikir-pikir lagi, gue gak tega ngebebanin ortu dengan biaya mandiri yang muahallle poll. Akhirnya pelan-pelan gue ubah strategi lagi, gue mulai kenalan yang namanya TPS. Temen pertama gue dari TPS ini subtes Pengetahuan Kuantitatif.

Awal Perkenalan dengan Zenius



Jadi awal gue berjumpa dengan Zenius ini di beranda youtube Kak Jerome. Waktu itu doi sering bikin tips & trick ngerjain soal-soal UTBK.  Waktu itu baru dua video sih series UTBK ini, begitu gue selesai lahap dua video ini,antara nyambung kagak nyambung, gue lanjut cari video lain. Scroll... scroll.... eits ada satu thumbnail yang menarik nih. Battle math Jerome vs Bang Sabda, battle math abad ini.Akhirnya, Kak Jerome yang menangin battle mathnya.  Abis liat videonya, gue baru tau kalo Kak Jerome ini alumnus Zenius, dan Bang Sabda ini adalah tutor sekaligus founder  Zenius. Secara gak langsung, Kak Jerome ini udah ngunggulin gurunya dan Bang Sabda udah sukses mendidik muridnya. Dari situlah gue mulai tertarik pake Zenius, apalagi begitu tau kalo Zenius bebas biaya alias gratis waktu itu. Begitu tau gratisan gercep dong gue buat akun Zenius dan langsung belajar. Begonya gue, udah tau UTBK TPS doang, gue malah nontonin materi MTK Bang Sabda terus-terusan sampe gue hapal jargonnya, “ kotakin aja boyy!!”

Fokus UTBK



Dua minggu pascaperkenalan dengan Zenius, gue udah mulai terbiasa nih kerjain soal-soal UTBK. Hampir setiap hari gue tryout di berbagai platform. Dari yang sekadar tim horenya alias pelengkap doang gue mulai merangsek naik tuh ke papan atas ikut rebutan leaderboard, ya itu berkat Zenius tadi. Nah, yang paling ngebedain Zenius dari semua platform TO yang pernah gue ikutin tuh bagian Penalaran Umumnya.  Hampir semua platform bikin Penalarn Umum tuh bentuknya teks berita atau narasi yang panjang-panjang. Kerennya Zenius, PU mereka tuh berbentuk simpulan pendek, susah, ngeribetin tapi keselnya soal kayak gini yang keluar di UTBK (baca : silogisme, materinya bisa dilihat di sini https://zenius.page.link/fsG2HpiDNHjhsjRF6). Sialnya gue, gue malah percaya sama platform lainnya dan akhirnya nangid tuh pas UTBK subtes PU gue menggunakan cara nenek moyang, menghitung kancing.

Salesman Zenius



Nah, ini dia inti cerita gue, jadi ini kejadiannya sekitar seminggu sebelum UTBK, gue udah pantengin materi TPS pagi-siang-malem sampe sekitar 90% udah gw tonton. Tapi namanya manusia, pasti ada rasa bosen ya. Ganti suasana belajar deh solusi gue. Jadi waktu itu gue belajar di Po**t C*afe di Indom**ret Plus yang ada sitting areanya  di lantai dua. Gue pilih tempat itu karena tau disitu bakal sepi kalo sore dan yang terpenting disitu full AC gratis modal beli air mineral (maafkan saya ga modal, uangnya habis buat beli skin ML muehehe). Buka hp, konekin wifi, colok headset,... gas belajar.

Eh ga sampe 15 menit gue belajar, dateng tuh 3 anak cowok. Mereka dateng dan langsung nyalain sound system. Oke, mereka mau dengerin lagu pikir gue.Ga masalah.Tapi pikiran gue salah, mereka juga ambil mic buat nyanyi. Gue masih positif thinking, suara mereka bakalan bagus. Sialnya, ekspektasi gua bener-bener hancur sore itu, suara mereka fals dan ga enak didengar, ga fokus deh gue belajar.

Lama banget nungguin mereka nyanyi, mungkin udah sekitar 30 menit, kesel juga deh gue. Akhirnya iseng deh gue sabotase tuh sound system. Gue konekin sound system ke hp gue via bluetooth. Kaget dong mereka lagi asik nyanyi tiba” denger suara Kak Uti lagi ngejelasin ejaan. Satu orang nyamperin gua. Matilah gue mau ribut nih orang keknya. Eh,.. tapi pas dateng dia sopan banget, nanya lagi ngapain,bla bla bla. Setelah ngobrol-ngobrol akhirnya gue tahu mereka juga pejuang UTBK tapi dari bimbel sebelah. Jadi ceritanya mereka abis TO dan lagi stres karena UTBK makin deket. Nah, di sinilah gimana ceritanya gue jadi salesman Zenius. Satu dari mereka, Farhan( kalo gue gasalah inget) nanya gue lagi nonton apaan asik banget. Nah, di situlah gue jelasin ala-ala sales yang lagi promosiin produknya. Mereka kelihatan ga tertarik gitu, tapi Farhan ini kayak semangat banget nanya ke gue soal Zenius. Begitu mereka tau kalo Zenius gratis, mimik mukanya langsung bahagia semua dong. Ga lama dari situ, kita tukeran IG dan pulang deh.

Nah, beberapa hari kemudian, gua merasa punya bakat nih di bidang marketing. Jadi ceritanya, si Farhan ini nge-snapgram lagi belajar pake  Zenius. Seketika gua merasa sukses jadi salesman. Tapi sayangnya si Farhan ini ga lulus UTBK, lebih tepatnya dia ga ikut UTBK karena setelah gue telusuri ternyata dia udah lulus di SNMPTN. Wah gila gue bilang ini orang ambis atau memang materi di Zenius yang terlalu menarik ya?

Mungkin segini aja yang bisa gue ceritain sekarang karena gue masih harus ngerjain tugas ospek lagi. Intinya, pengalaman UTBK bareng Zenius ini jadi salah satu pengalaman terbaik gue karena berkat Zenius juga, gue bisa kuliah di Universitas yang gue idamkan dari dulu.

 

image from : freepik.com

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah Insecure Menjadi Bersyucure

Be Yourself and Never Surrender